About Myself

Foto saya
This is my official blogsite, Mahendra Bakti Tri Putra.

Senin, 12 Januari 2015

Analisis SWOT Diri Sendiri

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI
S-1 AKUNTANSI

Nama                          : Mahendra Bakti Tri Putra
NPM                           : 24211249
Kelas                           : 4EB02

Mata Kuliah              : Etika Profesi Akuntansi #
Dosen                          : Misdiyono
Materi                         : Analisis SWOT Diri Sendiri


Pengertian Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).
Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Pengertian Penilaian Diri
Penilaian diri (self assessment) adalah suatu teknik penilaian, di mana subjek yang ingin dinilai diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan, status,  proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya dalam mata pelajaran atau bidang tertentu.

Penilaian Diri Sendiri
            Saya menggunakan metode analisis SWOT dalam penilaian diri saya. Berikut ini adalah penilaian diri saya, yaitu :
Ø  Strengths (S)
o   Memiliki prestasi yang baik di bidang akademik dan non-akademik
o   Memiliki pengetahuan dan wawasan yang cukup luas
o   Berpikir secara rasional dan matang sebelum melakukan tindakan
o   Mampu membangun hubungan atau relasi baik dengan orang-orang
o   Berpenampilan rapi dan menarik
o   Rajin dan cekatan dalam melakukan suatu pekerjaan
o   Mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dan lancar
o   Selalu berusaha dan pantang menyerah

Ø  Weakness (W)
o   Sedikit lama dalam mengambil tindakan karena berpikir secara matang
o   Kurang suka membaca
o   Sedikit pemalu jika berbicara di depan umum atau banyak orang
o   Memiliki ego yang cukup tinggi

Berikut adalah peluang dan ancaman yang ada saat ini, yaitu :
Ø  Opportunities (O)
o   Menuju gelar S-1 atau Sarjana Muda
o   Mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan ketrampilan
o   Memliki penghasilan sendiri dan dapat hidup mandiri
o   Membanggakan kedua orangtua saya

Ø  Threats (T)
o   Banyak lulusan sarjana dari perguruan tinggi lain yang lebih bonafit
o   Persaingan mendapatkan lapangan kerja semakin tinggi
o   Banyak tenaga kerja yang lebih berpengalaman

                     
S
W
O
Strategi dalam memanfaatkan kekuatan (S) untuk memanfaatkan peluang (O) yang ada.
Strategi dalam mengatasi kelemahan (W) dan memanfaatkan peluang (O) yang ada.
T
Strategi dalam memanfaatkan kekuatan (S) untuk menghindari ancaman (T) yang ada.
Strategi dalam mengatasi kelemahan (W) dan menghindari ancaman (T) yang ada.

Berikut ini adalah strategi yang akan saya lakukan, yaitu :
Ø  Strategi SO
o   Mempertahankan dan meningkatkan prestasi saya di bidang akademik dan non-akademik sehingga saya bisa lulus kuliah dan mendapat gelar S-1 atau Sarjana Muda
o   Mulai mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan ketrampilan saya
o   Mencoba untuk bekerja dan memiliki penghasilan sendiri
o   Dengan saya lulus kuliah, memiliki gelar S-1, memiliki pekerjaan dan penghasilan sendiri, itu akan membuat kedua orangtua saya bangga

Ø  Strategi WO
o   Mencoba untuk lebih cepat dalam bertindak namun tetap dengan pemikiran yang matang
o   Harus mencoba untuk sering membaca, terutama membaca buku-buku yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan
o   Mencoba untuk tampil percaya diri ketika berbicara di depan umum atau banyak orang
o   Mencoba untuk mengendalikan ego saya dalam hal apapun

Ø  Strategi ST
o   Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan saya agar saya memiliki nilai lebih dibandingkan dengan para lulusan kuliah dari perguruan tinggi lain
o   Mencoba untuk membangun dan menambah relasi agar saya mendapatkan referensi lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan
o   Saya harus mencoba melakukan banyak hal yang berkaitan dengan dunia kerja agar saya memiliki banyak pengalaman

Ø  Strategi WT
o   Harus beradaptasi dan membiasakan diri untuk berbicara di depan umum atau banyak orang

o   Terus berusaha dan pantang menyerah untuk mendapatkan banyak pengalaman

2 komentar: